Translate

Thursday, February 4, 2016

Base Ingredient Introduction


Pengenalan Agar-agar, Gelamix (Jelly), Gelatin



Sebelum memulai berkreasi dengan puding dekorasi, puding isi dan puding art, ada baiknya kita mempelajari dahulu dasar-dasar yang diperlukan untuk berkreasi dalam membuat puding. Di Yens Healthy Pudding, kita akan berbagi ilmu dalam membuat puding yang tidak hanya nikmat disantap tetapi sedap juga dipandang.


Tertarik untuk mencoba? Ada baiknya kita mengenal perbedaan mengenai agar-agar, gelamix (Jelly), gelatin. Hal ini sangat lah penting, karena masing masing bahan tersebut akan menghasilkan perbedaan signifikan dalam hal tekstur, rasa, aroma, serta sifat-sifat unik dari masing masing bahan tersebut.

1. AGAR-AGAR (Seaweed Base Jelly)

Agar-agar berbahan dasar rumput laut. Tekstur agar-agar lebih keras dibandingkan jelly (kurang lentur) sehingga mudah patah.
Agar-agar apabila berada di luar lemari pendingin akan cepat berarir. Hal ini akan mempersulit proses pewarnaan menggunakan kuas.









2. Gelamix (Jelly)


Gelamix atau Jelly berbahan dasar rumput laut. Tekstur Gelamix lentur dan kenyal sehingga tidak mudah patah.
Penggunaan gelamix dan jelly biasa digunakan pada soft pudding.










3. Gelatin

Gelatin ini terbuat dari tulang binatang, sehingga relatif berbau amis. Untuk menutupi baunya yang amis dianjurkan selalu menambahkan esent pada setiap pembuatannya. Bertekstur sangat keras seperti karet. Karena sifat teksturnya yang sangat keras, Gelatin digunakan pada proses pembuatan puding art.








Semoga bermafaat.... Selamat berkreasi, dan jangan lupa tunggu post-post lainnya mengenai resep dan cara-cara membuat bermacam-macam kreasi pudding.

2 comments:

  1. Sis beli gelamix nya dimana..? Ada contac yg bisa dihubungi gk kira2..tq inf nya

    ReplyDelete
  2. Sis beli gelamix nya dimana..? Ada contac yg bisa dihubungi gk kira2..tq inf nya

    ReplyDelete